ETIKA PERIKLANAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Siti Nur Hidayati STAI NAHDLATUL WATHAN SAMAWA SUMBAWA BESAR NTB
  • Adi Ardiansyah STAI Nahdlatul Wathan Samawa
  • Selmiana Sapitri STAI Nahdlatul Wathan Samawa

Abstract

Etika periklanan berperan penting dalam menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial dan moral. Dalam perspektif Islam, etika periklanan hendaknya tidak hanya berfokus pada keuntungan materi saja, namun juga harus mencerminkan nilai-nilai syariah dan akhlak yang luhur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep etika periklanan berdasarkan prinsip-prinsip Islam dan implementasinya dalam praktik periklanan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh melalui penelitian kepustakaan dari sumber primer dan sekunder yang relevan seperti Al-Quran, Hadits, dan literatur ilmiah terkait. Penelitian ini menemukan bahwa etika periklanan dalam Islam menekankan kejujuran dan keadilan, tidak melibatkan unsur penipuan, tidak memanipulasi emosi konsumen, dan menghindari praktik eksploitatif yang bertentangan dengan nilai-nilai moral. Selain itu, iklan harus mengutamakan produk atau jasa  halal dan thaiyib serta tidak mendorong perilaku konsumen yang berlebihan. Di zaman modern, tantangan muncul dari kontradiksi antara tuntutan pasar dan penerapan nilai-nilai Syariah. Oleh karena itu,  para pemangku kepentingan industri periklanan perlu menyadari dan berkomitmen untuk memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam strategi pemasarannya. Diharapkan penelitian ini  dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan konsep  periklanan etis yang tidak hanya sejalan dengan prinsip-prinsip Islam tetapi juga kompetitif di pasar global

References

Adrianda, Irsan & Purnama, Rindi. “Etika Periklanan Berbasis Konten Syariah (Studi Aturan Pemasangan ReklameDi Meulbouh Aceh Barat)”. AT-TANZIR, Vol. 9 No 2, 2018.

Azizah, Mabarroh. “Etika Perilaku Periklanan Dalam Bisnis Islam.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 3, no. 1 (2016): 37. https://doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).37-48.

Bahri, Syabbul. “Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 1 (2013). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.1.135-154.

Fatmawati, Masliyani, Noor Mispi Al-Wafi. “Etika Periklanan Televisi Dalam Islam,” n.d., 1–6.

Hanif, Hasnan. “Landasan Syariah Dalam Etika Periklanan.” Nukhbatul ’Ulum 4, no. 1 (2018): 446–62. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v4i1.36.

Hasibuan, Lempang. "Konsep Promosi Sesuai DenganSyariat Islam". EL-MAL : Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam. Vol 3 No 6 2022.

Kesuma, Teuku Meldi. "Prinsip dan Kriteria Periklanan dari Perspektif Islam". SHARE. Vol 1 No 1 2012.

Manjdusri, Alma. "Opini Publik Tentang Nuasa Islam Dalam Praktik Periklanan Di Indonesia". Jurnal CommLine. Vol 8 No 1 Januari 2023.

Mustafa. "Periklanan dalam Perspektif Etika Islam." Junral An-nida (Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 43, no. 1 (2019): 1–14.

Rosana, Mayang. “Etika Bisnis Periklanan Pada Aplikasi Instagram Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.” AL-ASHLAH : Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam 2, no. 1 (2023): 011. https://doi.org/10.69552/alashlah.v2i1.1768.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Siti Nur Hidayati, Adi Ardiansyah, & Selmiana Sapitri. (2025). ETIKA PERIKLANAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM. AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM, 5(1), 98-108. Retrieved from https://www.jurnal.stainwsamawa.ac.id/index.php/al-bayan/article/view/417

Issue

Section

Table of Contents